SANGGARBisnisOnline.Com

WhatsApp Business, Aplikasi Keren untuk Bisnis Online

WhatsApp Business, Aplikasi Keren untuk Bisnis Online - Assalammualaikum Wr. Wb. Salam Sinergi selamat pagi temen-temen, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin. Kali ini saya mencoba berbagi Aplikasi menarik bagi temen-temen semua, salahsatu media komunikasi yang tak asing ditelinga kita yaitu WA atau WhatsApp. WhatsApp telah meluncurkan aplikasi baru bernama WhatsApp Business. WhatsApp Business, Aplikasi Keren untuk Bisnis Online, Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren yang akan dibahas dalam postingan ini. WhatsApp Business adalah aplikasi Android tersendiri yang dapat diunduh secara gratis, dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil. Dengan aplikasi ini, para bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mudah menggunakan fitur-fitur untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan secara cepat.


sumber gambar : topcareer.id

Tapi, kebutuhan apa yang ditawarkan pada aplikasi baru ini?

Banyak pemilik usaha kecil menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Karena tidak dirancang untuk bisnis, ia tidak memiliki banyak fitur yang diinginkan oleh pemilik bisnis. untungnya, WhatsApp memiliki aplikasi khusus.

APA ITU WHATSAPP BUSINESS

WhatsApp Business adalah aplikasi yang diluncurkan oleh WhatsApp yang berfokus pada kebutuhan bisnis kecil. Adanya WhatsApp Bisnis bisa menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis, terlebih pebisnis online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang. Ini memberi mereka fitur tambahan yang tidak ada di aplikasi konvensional.

WhatsApp Business memungkinkan sobat semua untuk membuat profil, dapat menambahkan informasi bisnis, seperti alamat fisik, email dll. Ia memiliki alat pengiriman pesan seperti balasan cepat yang meningkatkan dan mempermudah proses komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis.

APA PERBEDAAAN WHATSAPP BUSINESS DENGAN WHATSAPP KONVENTIONAL

WhatsApp Business memiliki logo yang mirip dengan aplikasi WhatsApp konvensional, dengan huruf B tebal yang menggantikan simbol telepon di logonya. Sobat akan melihat logo baru bahkan di notifikasi.
Saat membuka aplikasi, hal pertama yang menjadi perbedaan kalau diperhatikan adalah perbedaan warna. Tidak seperti WhatsApp berwarna hijau, WhatsApp Business menggunakan warna gelap. Selain perbedaan antarmuka pengguna yang disebutkan di atas, WhatsApp Business memiliki beberapa fitur keren yang tidak tersedia di aplikasi tradisional. Apa saja… ?

sumber gambar : pandagila.com

FITUR APLIKASI WHATSAPP BUSINESS

1. Tambahkan Informasi Bisnis

WhatsApp Business memungkinkan temen-temen membuat profil bisnis lengkap, Caranya, klik Menu Settings > Business Settings > Profile, kemudiab tambahkan informasi seperti alamat fisik yang dapat dilihat langsung di Google Maps di bawah kategori bisnis, dan juga dapat menambahkan jam kerja, alamat email dan dua URL situs web sebagai tambahan. Semua informasi akan terlihat oleh pelanggan ketika mereka melihat profil bisnis temen-temen dari akun mereka.

2. Setel Pesan Sambutan (Greeting Message)

Kelebihan lain dari WA Bisnis yaitu, ketika pelanggan mengirim pesan kepada temen-temen untuk pertama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif, temen-temen dapat mengatur aplikasi untuk mengirim pesan sambutan khusus secara otomatis.

sumber gambar : hijabq.id

Nah, untuk menggunakan fitur ini caranya, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message, jangan lupa mengatur posisi tombol ke On, lalu edit kata sambutan sesuai keinginan temen-temen, terus jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.

3. Atur Pesan

Serupa dengan fitur pesan Sambutan, Sobat juga dapat mengatur pesan jauh di WhatsApp Business. Ini secara otomatis akan mengirim pesan kustom yang disetel ke pelanggan Sobat semua saat pergi. WhatsApp menawarkan tiga jenis jadwal untuk pesan jauh. Menetapkan jadwal khusus atau memilih opsi Keluar dari jam kerja. Keduanya akan diaktifkan secara otomatis pada waktu masing-masing atau juga dapat menggunakan opsi ketiga yaitu Selalu kirim.

Tidak seperti pesan Sambutan, yang dikirim hanya ketika pelanggan mengirim pesan untuk pertama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif, jika Sobat memilih Selalu kirim, pesan otomatis otomatis akan dikirim ke semua pelanggan yang ada dan baru setiap saat 

4. Masukkan Balasan Cepat

Jawaban cepat adalah benar-benar fitur keren. Sekarang, siapa yang tidak menginginkan hal itu? Bagi yang tidak tahu, Jawaban cepat di WhatsApp Business memungkinkan Sobat membuat pintasan untuk pesan yang sering dikirim.


sumber gambar : hijabq.id

Misalnya, jika ada pelanggan melakukan pembelian, temen-temen dapat melakukan settingan pesan misalkan, Terimakasih atas pemesanan Anda, untuk selanjutnya silakan Anda untuk membayar melalui transfer bank, kartu Kredit atau Debet, atau mengirim bayaran melalui dompet digital seperti Dana, Link, PayPal, Doku, TCash dll., Sekarang Anda dapat membuat pintasan untuk pesan ini, karena balasan Cepat. 
Untuk mengakses pesan balasan Cepat, masukkan tanda "/" saat menulis pesan dan semua balasan Cepat yang  temen-temen buat akan muncul. Tidak perlu copy paste seluruh teks sepanjang waktu.

5. Lihat Statistik Pesan

Meskipun bukan fitur baru jika temen-temen membandingkannya dengan aplikasi konvensional, tetapi WhatsApp kini membuatnya mudah untuk mengakses statistik pesan. kita dapat melacak jumlah pesan yang dikirim, disampaikan, dibaca, dan diterima langsung di bawah Pengaturan bisnis> Statistik.
Statistik yang sama juga tersedia di bawah Pengaturan WhatsApp> Penggunaan data dan penyimpanan> Penggunaan jaringan untuk aplikasi tradisional dan Bisnis keduanya.

sumber gambar : kumparan.com

6. Profil Bisnis

Profil yang dibuat di WhatsApp Business akan terdaftar dan disebut sebagai profil Bisnis dan mendapatkan label akun bisnis. Pelanggan dapat dengan mudah memeriksa apakah mereka berinteraksi dengan bisnis atau individu dengan melihat profil mereka. Semua profil bisnis memiliki label akun Bisnis. Selanjutnya, WhatsApp juga akan memverifikasi profil bisnis, yang akan dilambangkan dengan lencana hijau di sebelah nama kontak. 

7. Katalog

Nah ini temen-temen, bagi pebisnis, sangat cocok karena WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis temen-temen, menariknya Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil temen-temen. Caranya WhatsApp Business > Pengaturan > Fitur Bisnis > Katalog, Ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah ke Katalog kemudian pilih Foto untuk mengunggah gambar dari foto atau ambil foto untuk mengambil gambar baru, lalu masukkan nama produk atau layanan dan Simpan.
sumber gambar inet.detik.com

Di katalog tersebut, ketika pelanggan atau konsumen membuka katalog, tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk yang kita tawarkan. 

Kelebihan lainnya, bukan hanya menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk, tapi juga kita dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. Misalnya, kita kaitkan ke halaman marketplace kita atau website kita.

8. Label

Fitur lain yang tidak terdapat di Whatsapp biasa yaitu adanya Label yang merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai, namun Label tersebut dapat temen-temen sesuaikan, hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan.


sumber gambar : niagahoster.co.id

Bagaimana Dengan Fitur WhatsApp Lainnya

Selain fitur yang disebutkan di atas, semuanya mirip dengan aplikasi tradisional. Semua fitur yang tersedia di aplikasi tradisional tersedia di aplikasi Bisnis seperti Status, Grup, Pesan Broadcast, panggilan Video dan Audio, dll.

Bahkan pengaturannya mirip dengan aplikasi tradisional. Anda dapat memblokir orang, mengontrol pengaturan privasi untuk yang terakhir dilihat dan Status, mengatur nada yang berbeda untuk pemberitahuan di antara fitur-fitur lainnya. Namun Nomor yang telah didaftarkan pada WhatsApp Konvensial sebelumnya, saat ini tidak dapat digunakan secara bersamaan pada WhatsApp Business jadi harus nomor yang berbeda, tetapi kedua Aplikasi tersebut dapat dipasang pada satu HP yang sama.

Dapatkah Saya Mencoba Aplikasi Bisnis WhatsApp
Ya temen-temen bisa. Mulai sekarang, siapa pun dapat membuat akun di WhatsApp Business, tidak perlu menjadi pemilik bisnis terdaftar untuk menggunakan layanan ini. Namun, seperti yang disebutkan di atas, WhatsApp akan memverifikasi akun di masa depan yang akan membantu mengidentifikasi bisnis asli.

Demikian, artikel WhatsApp Business, Aplikasi Keren untuk Bisnis Online. Semoga Bermanfaat khususnya bagi sobat yang sedang berkecimpung dalam bisnis. Terimakasih

Rocky Sastradjumena
Rocky Sastradjumena Assalammu'alaikum, Sampurasun ijin perkenallkan saya Rocky Sastradjumena, Seorang Pengembara, Bernavigasikan Langit, Berusaha terus menggali Makna dan Hikmah dari berbagai Ilmu dan Pengetahuan yang bertebaran di Muka Bumi, Belajar, Belajar dan Terus Belajar. Apa yang disajikan, Semoga Bermanfaat. Terimakasih (Lead Yourself Before Leading Others - Keep Catur Watak - Silih Asah Asih Asuh Silih Wawangi), Siliwangi ngancik tina sanubari. Jaga Diri Jaga Keluarga Jaga Negara.

Post a Comment for "WhatsApp Business, Aplikasi Keren untuk Bisnis Online"

Hosting Unlimited Indonesia