Hosting Unlimited Indonesia

Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H

Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H - Dasar atau teknik dalam menulis sebuah Laporan Kegiatan atau Artikel, memerlukan suatu rumusan, Apalagi ketika kita Post Artikel di Blog, agar artikel tersebut lebih informatif serta berbobot, cara sederhana untuk melakukannya yaitu dengan rumusan, lebih tepatnya rumus tersebut agar kita membuat artikel tidak asal asalan, lebih tertata dan runut, pernahkah mendengar istilah 5 W + 1 H, Anda dapat menggunakan rumus tersebut untuk menulis,  bagaimana Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 tersebut.

Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H
Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H


Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata Rumus 5 W + 1 H diperkenalkan pertama kali oleh seorang penulis dan penyair bernama Rudyard Kipling, kemudian dalam perkembangannya saat ini, rumus tersebut banyak digunakan dalam dunia sastra, jurnalistik, penelitian ilmiah, dan aktivtas lain-lain, namun bukan berarti kita tidak bisa menggunakan rumus tersebut, bahkan barangkali tulisan kita jika menggunakan rumus tersebut bisa lebih baik lagi.

Konten Adalah Raja (Content Is The King)

Dari awal, kita mengetahui bahwa "Konten Adalah Raja" namun begitu banyak pemilik situs Blog berusaha untuk memenangkan pertempuran mesin pencari, bahkan mengabaikan aturan dan mencoba dengan cara 'pintar'. Mereka menggunakan perangkat lunak dan alat yang mengelabui mesin pencari supaya situs web mereka terindeks tinggi namun hanya untuk mengetahui bahwa ternyata situs web mereka dilarang dibulan berikutnya.


Sebetulnya ada beberapa alat sah dapat membantu Anda mendapatkan peringkat situs web Anda teratas. Orang membayar lebih hanya untuk mendapatkannya. Tidak apa-apa asalkan berfungsi dan tidak melanggar kriteria yang dicari oleh mesin pencari di sebuah situs web. Pertanyaanya, mengapa mereka melakukannya? saya kira alasannya hanya untuk mendapatkan traffic atau lalu lintas sebanyak mungkin ke situs Blog mereka, yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi pemilik situs web tersebut.

Selain itu, ada pengguna yang benar-benar cerdas mengikuti aturan "Konten Adalah Raja" dan benar-benar memenangkan permainan pada mesin pencari hari demi hari. Pengguna tersebut menggunakan kata-kata untuk berubah menjadi traffic. Dengan membuat satu artikel 500 kata bahkan lebih dalam satu waktu, mereka dapat membuat ratusan tautan balik ke situs web mereka dan ternyata menghasilkan lebih banyak lalu lintas web, lebih banyak penjualan, dan lebih banyak keuntungan. Kemudian, mereka menulis satu artikel lagi dan lagi.

Terbukti bisa benar, mereka bisa diistilahkan dengan sebutan pemasar artikel atau Article Marketting. Anda dapat melihat nama mereka ketika Anda mencari kata kunci dan artikel mereka muncul di halaman utama mesin pencari kemudian Anda mengklik tautan dan artikel mereka muncul. Rahasianya mereka tidak menulis artikel ini dan mempostingnya hanya di situs web mereka.

Pertama, ketika mereka membuat sebuah artikel kemudian pada saat yang bersamaan merekapun mengizinkan orang lain untuk menghasilkan ulang secara gratis dan membuat Anda dapat meneruskan artikel tersebut ke orang lain pada akhirnya orang lain pun dapat meneruskan kepada oranglain lagi secara umum, dengan syarat konten artikel tidak diubah atau dimodifikasi kemudian menjadi viral.

Kedua, mereka mengirimkan artikel, ke berbagai direktori artikel dan penerbit online untuk mendapatkan eksposur yang maksimal. Semakin banyak penerbit yang dapat mereka temukan, semakin banyak audiens yang dapat mereka jangkau. Dengan demikian, semakin banyak penjualan yang bisa mereka hasilkan.

Jadi bisa kita bayangkan hal tersebut. Jika kita Profesional melakukannya dan ketika mereka mendapatkan banyak lalu lintas dan penjualan, maka Anda pun bisa dapat memiliki hak istimewa yang sama, jika Anda mengikuti langkah-langkah mereka. Apakah Anda ingin menghasilkan penjualan tanpa harus membayar sepeser pun? Jika jawabannya Anda adalah 'Ya', maka saatnya pertimbangkan pemasaran artikel dengan serius.

Bagaimana Membuat Artikel Keren ?

Para Pemilik Blog saat ini memiliki cara baru untuk memasarkan produk dan layanan mereka, di mana mereka dapat mem-push artikel mereka di sejumlah direktori dengan imbalan potensi tampilan dan peningkatan lalu lintas atau traffic.

Bagaimana cara Anda menulis artikel ? Tulisan artikel orisinal mencakup media cetak massal seperti majalah, surat kabar, dll. Artikel yang ditulis di media ini seringkali panjang dan detail, lebih menarik perhatian pembaca. Pada dasarnya surat kabar maupun majalah membayar editor mereka untuk menulis artikel yang begitu panjang karena jumlah pembaca mereka tergantung pada pembacaan topik dan ketepatan waktu penerbitan. Namun, bisa dikatakan kalau artikel yang digunakan dalam pemasaran artikel internet, tidak bisa disejajarkan dengan artikel yang ditulis di atas kertas. 

Sumber bahan penelitian atau referensi maupun literatur tidak ada habisnya, biasanya jika pembaca tidak segera mendapatkan apa yang mereka inginkan dari membaca artikel yang dimuat dalam Biografi, mereka dapat beralih ke sumber pilihan lain. Oleh karena itu artikel harus ditulis sedemikian rupa sehingga perhatian pengguna internet dimanfaatkan secara maksimal.

Syarat Ideal Membuat Artikel Keren

Sebetulnya, ketika saya membaca beberapa artikel di luar sana, memang berbeda-beda pendapat, namun Idealnya Artikel pendek sekitar 500-800 kata. Dengan cara ini, semua elemen penting dari suatu topik terkait erat dengan artikel sehingga mengurangi risiko menjebak pembaca dengan topik yang tidak perlu. Bayangkan sebuah artikel dengan begitu banyak dan tidak konsisten, kesimpulan yang menggantung sehingga tidak ada orang lain yang akan menganalisis apa yang ditulis karena semua orang menginginkan kebenaran yang tidak jelas. 

Misalnya sebuah artikel membahas tentang manfaat terapi air, dan harus mempertimbangkan termasuk menyoroti bagaimana air minum dapat membantu menghilangkan akumulasi racun dari pola makan yang buruk, kemudian dapat dijelaskan lebih lanjut dengan mengkredit studi khusus yang telah berurusan dengan pengobatan alami di samping penggunaan obat komersial konvensional. Keuntungan menggunakan pengobatan alami adalah kemungkinan efek samping yang lebih kecil dan kerja yang lebih sedikit untuk hati karena organ penting tubuh ini terutama bertanggung jawab untuk menghilangkan racun. Unsur yang tidak diinginkan dari diet berlebihan yang tidak wajar dan tentu saja obat-obatan dan obat-obatan modern. 

Artikel Bersifat Persuasif

Artikel juga harus bersifat persuasif maksudnya mungkin untuk membujuk atau mengajak tetapi tidak dengan cara yang secara eksplisit, mencoba menjual sesuatu yang layak dalam arti bahwa fakta-fakta yang jelas tidak hanya disajikan pendapat. Sebuah artikel persuasif mungkin juga bisa mempertimbangkan menggunakan kutipan dari orang-orang terpercaya tentang topik tersebut, hal Ini dapat menambah kredibilitas artikel secara signifikan meningkatkan minat secara keseluruhan. Siapa pun yang membaca sesuatu yang telah diverifikasi oleh seorang ahli dan kembali ke fakta sejarah kemungkinan besar akan mulai membentuk beberapa elief positif.

Target Pembaca Artikel

Lalu ada pertanyaan tentang target pasar,  dalam hal ini karena artikel dapat dibaca oleh banyak orang, maka lebih tepat untuk menyebutkan target audiens. Tentu tidak semua orang tertarik dengan apa yang tertulis di artikel tersebut. Akan ada orang-orang yang tidak peduli apa topiknya hanya karena tidak setiap topik dapat memperoleh tanggapan yang disukai dari semua orang. Alasan mengapa perusahaan perlu menargetkan Niche atau Topik Utama, karena beberapa demografi akan menjauh dari tren populer. Perbedaan usia, gender, budaya, dll. Hanya beberapa demografi yang perlu dipertimbangkan. Misalnya jika topik artikel tertentu ditujukan untuk orang di atas usia.

Penggunaan Kosa Kata

Penggunaan kosakata bahasa gaul modern dan kosakata diskusi online sebaiknya dihindari. Publik lah yang menilai artikel yang ditulis dan jika mereka kecewa dengan apa yang mereka baca kemungkinan besar mereka akan beralih ke wesite lain atau memilih artikel yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

Mengajukan pertanyaan tentang topik juga akan banyak membantu. Hal ini memungkinkan review artikel untuk dipulished. Apakah audiens target tertarik untuk mendengar ini? Apakah pembaca informasi ini akan membantu? Apakah orang-orang ini termotivasi untuk membaca lebih lanjut dan mengklik situs ? Atau akankah mereka akhirnya terjebak di tengah halaman dan meninggalkan situs sama sekali? Ini hanya beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab untuk membuat konten yang ditulis dengan baik dalam pemasaran artikel.

Artikel yang ditulis dengan baik juga merupakan artikel yang relevan dan terkini, sumber daya yang luas dan akses yang relatif mudah, dapat membuat audiens menjadi pengguna yang lebih cerdas serta pengetahuan mereka terpaksa untuk membuat pilihan yang tepat dan dapat manfaatkan artikel dengan waktu yang lama.

Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H

Setelah menyimak hal di atas, mungkin Anda sedikit pesimis apabila Anda baru terjun di Dunia Blogger, namun tidak harus menyurutkan semangat Anda, saya kira semua bisa dilakukan meskipun secara bertahap. Disisi lain memang ketika kita mulai menulis, sangat mudah kita pikirkan untuk dijadikan sebuah catatan tertulis, misalkan nanti kita tulis seperti ini, seperti itu, namun pada kenyataan setelah mulai menulis malah "buyar" berantakan tak karuan, karena bingung bagaimana memulai menulis.


Baiklah saya akan mencoba untuk berbagi Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H, memberikan tips Sederhana dalam memulai menulis untuk berbagai keperluan, apakah menulis berita, artikel atau bahkan perjalanan. Atau Anda bisa mencari bahan tambahan di Blog tempat Tutorial Blogger Pemula.

Teknis menulis dengan rumus 5W + 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam, apa saja itu, kita coba uraikan satu persatu di bawah ini :

What    : Apa yang terjadi?
Who     : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
Why     : Mengapa hal itu bisa terjadi?
When   : Kapan peristiwa itu terjadi?
Where  : Di mana peristiwa itu terjadi?
How     : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

What (Apa)

What (Apa) merupakan hal pertama, karena digunakan untuk menanyakan kejadian/inti cerita/topik yang ingin disampaikan. 

Who (Siapa)

Who (Siapa) merupakan unsur pelaku dalam peristiwa atau kegiatan yang akan diulas atau bisa orang-orang yang terlibat dalam cerita. 

When (Kapan)

When (Kapan) atau keterangan waktu dari peristiwa yang terjadi, dengan adanya keterangan waktu, informasi lebih jelas dan akurat.

Where (Di Mana)

Where (Di Mana) menjelaskan tentang tempat suatu peristiwa terjadi, sehingga pembaca dapat mengetahui alur cerita tersebut di mana terjadi. 

Why (Mengapa)

Why (Mengapa) menitikberatkan pada alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa atau masalah yang diulas, maka dengan adanya unsur why, pembaca mudah memahami situasi atau kondisi atas peristiwa yang terjadi. 

How (Bagaimana)

How (bagaimana) yaitu penjelasan atau deskripsi tentang suatu peristiwa/kejadian tersebut. 

Demikian Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H, secara umum, silakan temen-temen kembangkan sendiri maknanya. semoga bermanfaat. Terimakasih

Rocky Sastradjumena
Rocky Sastradjumena Assalammu'alaikum, Sampurasun ijin perkenalkan saya Rocky Sastradjumena, Seorang Pengembara, Bernavigasikan Langit, Berusaha terus menggali Makna dan Hikmah dari berbagai Ilmu dan Pengetahuan yang bertebaran di Muka Bumi, Belajar, Belajar dan Terus Belajar. Apa yang disajikan, Semoga Bermanfaat. Terimakasih (Lead Yourself Before Leading Others - Keep Catur Watak - Silih Asah Asih Asuh Silih Wawangi), Jaga Diri Jaga Keluarga Jaga Negara.

1 comment for "Cara Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H"

SANGGARBisnisOnline.Com