SANGGARBisnisOnline.Com

Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H

Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H - Assalammu'alaikum Wr. Wb. Selamat malam temen-temen semua, semoga selalu dalam rahmat Allah SWT, sehat wal afiat, dimudahkan segala urusan, berkah sehat berkah rejeki. Aamiin. Temen-temen semua, pernahkah mendengar istilah 5 W + 1 H, sebuah rumus untuk menulis, ketika kita mengadakan suatu kegiatan atau perjalanan, atau apapun namanya, banyak hal-hal yang ditemukan dalam kegiatan tersebut, apakah itu dalam bidang pekerjaan ataupun pribadi dan kita dapat menggunakan Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H.

sumber gambar : pixabay

Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata Rumus 5 W + 1 H diperkenalkan pertama kali oleh seorang penulis dan penyair bernama Rudyard Kipling, kemudian dalam perkembangannya saat ini, rumus tersebut banyak digunakan dalam dunia sastra, jurnalistik, penelitian ilmiah, dan aktivtas lain-lain, namun bukan berarti kita tidak bisa menggunakan rumus tersebut, bahkan barangkali tulisan kita jika menggunakan rumus tersebut bisa lebih baik lagi.

Disisi lain memang ketika kita mulai menulis, sangat mudah kita pikirkan untuk dijadikan sebuah catatan tertulis, misalkan nanti kita tulis seperti ini, seperti itu, namun pada kenyataan setelah mulai menulis malah "buyar" berantakan tak karuan, karena bingung bagaimana memulai menulis, baiklah saya akan mencoba untuk berbagi Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H, memberikan tips sederhana dalam memulai menulis untuk berbagai keperluan, apakah menulis berita, artikel atau bahkan perjalanan.

sumber gambar : pixabay

Teknis menulis dengan rumus 5W + 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam, apa saja itu, kita coba uraikan satu persatu di bawah ini :

What    : Apa yang terjadi?
Who     : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
Why     : Mengapa hal itu bisa terjadi?
When   : Kapan peristiwa itu terjadi?
Where  : Di mana peristiwa itu terjadi?
How     : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

What (Apa)

What (Apa) merupakan hal pertama, karena digunakan untuk menanyakan kejadian/inti cerita/topik yang ingin disampaikan. 

Who (Siapa)

Who (Siapa) merupakan unsur pelaku dalam peristiwa atau kegiatan yang akan diulas atau bisa orang-orang yang terlibat dalam cerita. 

When (Kapan)

When (Kapan) atau keterangan waktu dari peristiwa yang terjadi, dengan adanya keterangan waktu, informasi lebih jelas dan akurat.

Where (Di Mana)

Where (Di Mana) menjelaskan tentang tempat suatu peristiwa terjadi, sehingga pembaca dapat mengetahui alur cerita tersebut di mana terjadi. 

Why (Mengapa)

Why (Mengapa) menitikberatkan pada alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa atau masalah yang diulas, maka dengan adanya unsur why, pembaca mudah memahami situasi atau kondisi atas peristiwa yang terjadi. 

How (Bagaimana)

How (bagaimana) yaitu penjelasan atau deskripsi tentang suatu peristiwa/kejadian tersebut. 

sumber gambar : pixabay

Demikian Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H secara umum, silakan temen-temen kembangkan sendiri maknanya. semoga bermanfaat. Terimakasih


Rocky Sastradjumena
Rocky Sastradjumena Assalammu'alaikum, Sampurasun ijin perkenallkan saya Rocky Sastradjumena, Seorang Pengembara, Bernavigasikan Langit, Berusaha terus menggali Makna dan Hikmah dari berbagai Ilmu dan Pengetahuan yang bertebaran di Muka Bumi, Belajar, Belajar dan Terus Belajar. Apa yang disajikan, Semoga Bermanfaat. Terimakasih (Lead Yourself Before Leading Others - Keep Catur Watak - Silih Asah Asih Asuh Silih Wawangi), Siliwangi ngancik tina sanubari. Jaga Diri Jaga Keluarga Jaga Negara.

Post a Comment for "Teknik Menulis Artikel di Blog Menggunakan Rumus 5 W dan 1 H"

Hosting Unlimited Indonesia