Hosting Unlimited Indonesia

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic.  Kata kunci ekor panjang kalau di terjemahkan gimana yah kedengarannya... jadi Long Tail Keyword adalah strategi  SEO (Search Engine Optimation) atau Optimasi Mesin Pencari, begitu kurang lebih terjemahnnya adalah untuk memuat situs Anda menjadi pemenang di antara situs lainnya. Poin penting yang perlu diperhatikan bukanlah panjang kata tetapi persaingan di mesin pencarinya.

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic
Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic 

Arti spesifiknya kuranglebih Long tail keyword adalah kata kunci spesifik, bervolume kecil, sehingga tingkat persaingannya dengan lainnya cenderung lebih rendah. Kebanyakan orang menyangka bahwa long tail keyword itu pasti panjang, terdiri dari tiga kata atau lebih. Tetapi kadang hanya dua kata asal spesifik dan persaingannya rendah.

Sebelum menulis artikel, sebaiknya penulis harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, untuk mencapai efeknya mereka sering menggunakan alat. Dengan cara ini mereka dapat mengetahui berapa banyak orang yang menggunakan kata kunci tersebut. Tentu saja menggunakan kata kunci yang sering memiliki kelebihan dan kekurangan. Dimana keuntungannya adalah kemungkinan pembaca atau pengunjung Blog atau Web, mengklik judul artikel Anda sangat tinggi tetapi kerugiannya sama. 

Persaingan begitu banyak, kemungkinan posisi Anda juga tidak akan terlihat bagus, kenapa begitu... ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Menemukan kata kunci Long Tail itu mudah, ingat gunakan strategi ini. Anda tidak harus mencocokkan kata atau lebih, bisa hanya dua kata tetapi cobalah untuk lebih spesifik dan pada peta persaingan rendah. Poin pentingnya adalah bahwa kata kunci ini adalah apa yang ingin dicari pengguna, kemungkinan besar kata kunci tersebut memang menampilkan hasil pencarian yang dicari pengguna. Bukannya hasil pencarian secara umum mengenai topik tersebut, jadi bisa digunakan untuk waktu yang lama setidaknya untuk tahun-tahun selanjutnya.

Jadi, memakai Long Tail Keyword di Blog Anda jika anda seorang Blogger,  dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam meningkatkan traffic. Meskipun bervolume rendah, namun keyword ini minim kompetisi serta mempunyai target lebih spesifik, dibandingkan dengan menggunakan short tail keyword populer, lebih cepat mendapatkan rangking atas serta menarik trafik organik dari Google.

Adapun beberapa cara mencari Long Tail Keyboard yang bisa Anda praktekan, antara lain :

1. Pencarian Google

Memanfaatkan kotak pencarian Google di search engine, misalkan kita akan mencari kata "Membuat Artikel" di Kotak Google, Jika Anda lihat terdapat pilihan-pilihan kata-kata terkait dengan "Membuat Artikel". Nah, dengan cara seperti ini dapat dikatakan cara termudah untuk mencari long tail keyword. 

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic
Pencarian Google

Anda tinggal memasukkan kata kunci yang Anda inginkan di Google, lalu scroll ke bawah, dan… selesai. Anda sudah berhasil mendapatkan beberapa long tail keyword yang dibutuhkan.

2. Komunitas Online

Kemudian selanjutnya bisa manfaatkan beberapa situs komunitas online seperti Kaskus atau Quora. Biasanya situs-situs tersebut menawarkan pertanyaan dan jawaban, beberapa di antaranya sulit untuk dijawab. Ini adalah peluang bagus yang bisa Anda manfaatkan. 

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic
Quora : Komunitas Online

Komunitas online seperti Kaskus, grup Facebook, dan Quora juga Komunitas Online dapat menjadi tempat terbaik untuk mencari long tail keyword, dimana ratusan orang dari seluruh dunia berkumpul dan bertanya serta menjawab berbagai pertanyaan dari topik tertentu. 

Sebelum orang bertanya di komunitas online tersebut, biasanya mereka sudah mencari di Google terlebih dahulu, karena tidak mendapatkan jawaban yang sesuai dan memuaskan, kemudian mereka mencari jawaban di komunitas tersebut. 

3. Kotak "Orang Juga Bertanya..."

Selain cara di atas, yaitu memanfaatkan Kotak "Orang Juga Bertanya" dari salah satu fitur Google lainnya, dari hasil pencarian tersebut, menampilkan beberapa pertanyaan orang-orang terkait kata kunci yang Anda masukkan di Google.

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic
Kotak "Orang Juga Bertanya"

Silakan manfaatkan, sebaik-baiknya oleh Anda untuk lebih mengoptimalkan pencarian Long Tail Keyword.

4. Google Autocomplete

Anda barangkali sering menemukan kata-kata tambahan ketika Anda sedang mencari Keyword atau sesuatu di penelusuran Google, kemudian muncul saran kata dari Google itu sendiri. Google Autocomplete memberikan saran kepada Anda untuk menemukan long tail keyword yang berasal dari Google langsung. Dengan kata lain, itulah yang memang orang-orang cari di Google.

Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic
Google Autocomplete

Misalkan ketika Anda mengetik kata Membuat Artikel B... kemudian Google memberikan saran lanjutan kata tersebut dari huruf berawalan B...kuranglebih seperti itu, maka hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai Long Tail Keyword.

Demikian, artikel mengenai Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic, meskipun masih jauh dari sempurna, barangkali selain cara di atas sebetulnya masih banyak lagi cara lainnya, silakan Anda dapat sharing atau menambahkan beberapa cara lainnya untuk lebih efektif lagi. Semoga bermanfaat.
Rocky Sastradjumena
Rocky Sastradjumena Assalammu'alaikum, Sampurasun ijin perkenalkan saya Rocky Sastradjumena, Seorang Pengembara, Bernavigasikan Langit, Berusaha terus menggali Makna dan Hikmah dari berbagai Ilmu dan Pengetahuan yang bertebaran di Muka Bumi, Belajar, Belajar dan Terus Belajar. Apa yang disajikan, Semoga Bermanfaat. Terimakasih (Lead Yourself Before Leading Others - Keep Catur Watak - Silih Asah Asih Asuh Silih Wawangi), Jaga Diri Jaga Keluarga Jaga Negara.

Post a Comment for "Strategi Menggunakan Long Tail Keyword Meningkatkan Traffic "

SANGGARBisnisOnline.Com